Thursday, December 2, 2010

El Clasico Rivalitas tanpa Batas

Derbi el clasico mungkin udah ga asing di telinga para penggemar bola. Ya apalagi kalau bukan big match antara Real Madrid dan Barcelona. rivalitas kedua klub negara Spanyol ini memang sudah terjadi sejak lama, bahkan di luar pertandingan. Apa sih kira-kira sejarah di balik el clasico ini??



Ternyata awal dari rivalitas mereka tidak berawal dari dalam pertandingan, melainkan berawal dari intrik politik antara Madrid (ibu kota Spanyol) dan Barcelona (ibukota daerah Catalan). Hal ini terjadi pada masa pemerintahan Jenderal Fransisco Franco penguasa Spanyol pada tahun 1939. Sebagai seorang fasis dia melarang penggunaan bendera dan bahasa daerah Catalan. Menjadi satu-satunya daerah yang masih menggunakan bahasa daerah Catalan membuat sang Jendral marah besar, apalagi di tambah warga Catalan merasa bahwa mereka bukan bagian dari Spanyol dan menganggap Spanyol penjajah mereka. Mulai saat itu di mulai lah penyiksaan terhadap warga Catalan, yang akhirnya menimbulkan pemberontakan warga Catalan.


Mulai saat itu rivalitas diantara keduanya pun terus berlanjut sampai ke lapangan hijau. Real Madrid yang menjadi klub kesayangan Jenderal Franco dan Barcelona yang menjadi simbol pemberontakan warga Catalan. Rivalitas kedua klub juga membuahkan istilah "Transfer Berbahaya" yaitu pindah dari Barcelona ke Real Madrid, karena mereka menganggap pemain tersebut adalah 'pengkhianat'. Pemain pertama yang dianggap 'pengkhianat' ini adalah kiper legendaris Ricardo Zamora yang melakukan transfer pada tahun 1929an (yang kini namanya di abadikan sebagai penghargaan kiper terbaik la liga Spanyol). Dan bahkan ada yang sempat di lempar kepala babi (simbol keserakahan) oleh fans Barcelona saat melakukan match di camp nou yaitu Luis Figo (wew... sereeemm).


Alhasil tiap big match ini di gelar maka akan menjadi "tontonan panas" antara 2 kubu. Sampai saat ini Real madrid dan Barcelona sendiri sudah 209 kali bertanding, untuk sementara Barcelona unggul dengan 85 kali menang sedangkan Madrid 82 kali menang dan 42 kali imbang. Dan match terakhir antara keduanya pada tanggal 30 November 2010 di Camp Nou di menangkan Barcelona dengan selisih angka yang cukup memalukan yaitu 5-0 (Wups!). Jadi sudah siap dengan El Clasico jilid 2 edisi 2010/2011 April tahun depan??


0 comments:

Post a Comment

"Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan mimpi - mimpi mereka" - Eleanor Roosevelt

Please leave your Comment, because your Comment is my pleasure ^^

Copyright © 2009- Ms.Eve
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management