Tuesday, December 7, 2010

Nomophobia bagi si 'penyayang' handphone

Jaman sekarang handphone bukan barang aneh lagi bagi semua orang di dunia. Bahkan seiring perkembangan jaman model, fitur dan kecanggihan handphone pun semakin berkembang. Dunia mobile pun akhirnya mulai terbentuk. Tapi jangan salah, akibat pesatnya perkembangan dunia mobile ternyata justru menimbulkan yang namanya Nomophobia atau No-Mobile-Phone-Phobia. Apa sih yang di maksud Nomophobia??

Nomophobia adalah rasa 'sayang' berlebihan pada handphone kita, yang saking sayangnya sampai tak bisa berpisah dari handphone. Pernahkah diantara kalian yang merasa resah, takut atau merasa tidak PeDe bila tak ada handphone di genggaman kita? Berhati-hatilah jangan-jangan itu merupakan tanda-tanda bahwa kamu mulai mengidap Nomophobia.

Maka dari itu jangan biarkan fobia ini justru membuat mu semakin ketergantungan dengan si gadget. Justru kamulah yang harusnya mengontrol gadget mu! Untuk itu di bawah ini ada beberapa alasan semoga aja buat kamu semakin meyakinkan diri kamu buat engga selalu bergantung dengan si gadget.

1. Bisa di cap engga sopan sama orang
 
Gimana engga, misalkan kamu lagi ngadain acara bareng temen entah itu nonton bareng atau ngerumpi bareng. Ternyata kamu malah asyik sms-an, ngupdate twitter atau bahkan terima telepon dengan orang lain. Pasti bikin bete temen-temen kamu kan. Maka nya silence dulu handphone mu sejenak atau matikan dulu. Dengarkan orang lain bicara, karena dengan keadaan pikiranmu tidak ada di tempat bikin suasana yang tadinya asik malah tambah canggung dan annoying.

2. Bikin Boros

Coba pikir berapa jatah uang saku kamu dalam sebulan? Dan berapa banyak uang yang kamu keluarin buat biaya pulsa dalam satu bulan? Bandingkan keduanya, apakah surplus, balance atau malah pailit? Padahal bila kita lebih hemat kita mungkin bisa membeli banyak barang yang justru lebih kita butuhkan. Inget boros itu temennya setan loh.. engga mau kan kita di samain sama setan. Maka nya bangkitin semangat menabung kamu.

3. Bisa bikin kecelakaan

Ini dia yang bikin serem, selain bisa bikin boros dan lain sebagainya hal ini juga dapat mengakibatkan kematian. Hiiii.... Riset mengatakan orang yang menyetir sambil menggunakan telephone berpotensi 4X lebih besar mengalami kecelakaan. Karena saat kita sedang menelepon walau handsfree sekalipun, fokus kita tidak akan 100% ke jalanan di depan. So, simpan dulu handphone kamu sebentar bial sedang berkendara. Bila telephone atau sms nya sangat penting pinggirkan dulu kendaraan baru angkat telephone nya. Lebih aman kan?


Gimana? Udah tahu kan apa itu dan akibat dari Nomophobia. Jadi apa kamu salah satu pengidap nya? Kalau iya, masih ada waktu kok buat nyembuhinnya. Asal ada kemauan dan berusaha. Caiyo....



0 comments:

Post a Comment

"Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan mimpi - mimpi mereka" - Eleanor Roosevelt

Please leave your Comment, because your Comment is my pleasure ^^

Copyright © 2009- Ms.Eve
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management